Minggu, 30 September 2018

Formulasi Hara

1.      Jelaskan hubungan transpirasi dengan aktivitas fotosintesis serta kaitannya dengan formulasi hara?
Transpirasi erat kaitannya dengan aktivitas fotosintesis tanaman, karena keduanya terjadi secara bersamaan serta tidak dapat dipisahkan antar keduanya. Transpirasi dan aktivitas fotosintesis pada tanaman bergantung pada formulasi hara, apabila hara yang dibutuhkan tanaman mencukupi maka akan berjalan efektif, akan tetapi apabila kekurangan maupun kelebihan maka akan berdampak tidak baik bagi tanaman.

2.      Jelaskan gejala kekurangan unsur hara N, P, K, Ca, Mg, dan S pada tanaman tomat?
N
Daun pada bagian bawah tersebut berwarna kuning karena kekurangan klorofil atau zat hijau daun, lama kelamaan daun akan mengering dan gugur. Tulang daun dibawah permukaan daun muda akan tampak pucat, pertumbuhan tanaman lambat, kerdil dan lemah. Akibatnya tanaman tidak akan tumbuh normal, produksi bunga dan biji atau buah rendah bahkan tidak mampu berproduksi sama sekali.
P
munculnya warna merah keunguan pada bagian bawah daun, terutama tulang daun. Daun terpelintir, tepi daun, batang dan cabang juga berwarna ungu karena pembentukan antosianin.
K
mengerutnya daun, terutama daun tua meskipun tidak merata. Tepi dan ujung daun menguning, kemudian menjadi bercak coklat. Bercak daun ini akhirnya gugur, sehingga daun tampak bergerigi dan akhirnya mati. Jika tanaman berbuah, maka buah yang terbentuk tidak sempurna, kecil, kualitasnya jelek, dan tidak tahan simpan. Kekurangan K terlihat dari daun paling bawah yang kering atau ada bercak hangus.
Ca
gejala berupa matinya titik tumbuh pada pucuk dan akar, kuncup bunga dan buah gugur prematur, warna buah yang tidak merata, buah retak-retak
Mg
Muncul bercak-bercak kuning di permukaan daun tua.
S
warna daun muda memudar atau klorosis, berubah menjadi hijau muda, kadang-kadang tampak tidak merata, menguning atau agak putih. Pertumbuhan tanaman menjadi terhambat, kerdil (stunted), berbatang pendek, dan kurus.

3.      Apabila hara K naik, maka stomata akan membuka atau menutup? Jika dalam fotosintesis tanaman mengalami transpirasi tinggi, bagaimana cara agar tanaman tetap segar dan tidak layu? Jelaskan metode yang dapat di aplikasikan?
Apabila unsur hara K naik maka stomata akan membuka, hal ini akan mengakibatkan tanaman mengalami transpirasi tinggi sedangkan proses penyerapan air oleh akar tetap sehingga menyebabkan tanaman pada siang hari mudah layu karenanya dapat diatasi dengan memberikan naungan pada tanaman serta pemberian hara K yang disesuaikan dosisnya tergantung jenis dan stadia tanaman.

4.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan formulasi hara?

Formulasi hara adalah kegiatan peracikan atau penggabungan dua atau lebih hara agar mendapatkan suatu formula hara yang diharapkan atau dibutuhkan. Formulasi hara disesuaikan dengan jenis tanaman, stadia tanaman yang diberikan, serta ruang lingkup hidup tanaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar