Rabu, 26 September 2018

Hablumminannas - 03

Ingatkah Anda wahai saudaraku, ketika menikmati lezatnya makanan. Adakah yang ingat dimana para penanam padi? Padahal berkat jasa mereka kita bisa menikmati nikmatnya nasi. Ketika bangunan baru menjulang tinggi dan pesta digelar dengan dipenuhi decak kekaguman, adakah yang bertanya di manakah wahai para kuli bangunan? Padahal diantara para kuli itu mungkin ada yang terjatuh dari lantai tujuh lalu mati tanpa asuransi, meninggalkan istri dan anaknya yang cemas menanti.

Ketika seseorang mati. Para pengiring jenazah diliputi rasa haru. Dan setelah prosesi doa sambutan usai, para kerabat itu akhirnya pulang juga kerumahnya. Tetapi, adakah yang teringat siapa gerangan para tukang gali kuburan?

Sering kali kita mengabaikan jasa orang lain padahal tidak ada satupun kenikmatan didapat tanpa jasa orang lain. Bahkan jasa itu terkadang diberikan oleh orang yang tidak kita kenal. Ada yang tahu siapa yang menghidangkan makanan ketika makan di restoran? Apakah kita tahu siapa yang melayani kita ketika kita berobat kerumah sakit? Adakah yang tahu siapa yang menanam sayur dan buah-buahan yang kita makan setiap harinya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar