Jumat, 09 Desember 2016

MEMBERDAYAKAN KESEJAHTERAAN PETANI DAN PERTANIAN DI INDONESIA

Indonesia adalah salah satu Negara Agraria di dunia. dengan  segudang kekayaan alam yang beraneka ragam. Disamping itu, Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang berlimpah, lahan yang memadai, serta kelebihannya yang terletak di garis khatulistiwa yang menyebabkan pertanian sangat cocok berkembang di Indonesia karena termasuk daerah tropis. Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa ini berpotensi dapat mengembangkan sektor pertanian.

Hanya saja faktor ekonomi kurang mendukung untuk terealisasinya pengembangan sector pertanian ini. Pertanian di Indonesia saat ini sedang berada di persimpangan jalan.  Sebagai salah satu faktor penunjang kehidupan bagi berjuta – juta masyarakat Indonesia, sektor pertanian pun memerlukan pertumbuhan ekonomi yang kukuh serta pesat.  Sector ini pun menjadi salah satu komponen yang utama dalam program serta strategi pemerintah untuk menangani masalah kemiskinan yang sedang terjadi (Suradisastra, 2003).

Pertanian di Indonesia membutuhkan penunjang  pertumbuhan ekonomi yang lebih kukuh serta pesat.  Apabila ekonomi ini tidak kukuh serta pesat, perkembangan pertanian pun akan terhambat.  Serta kesejahteraan petani di Indonesia tidak mencukupi. Maka dari itu agar terciptanya kesejahteraan bagi petani juga pertanian di Indonesia, perlu sebuah lembaga yang dapat membantu terealisasinya program ini  (Suradisastra, 2008).  Kelembagaan inilah nantinya yang akan membantu pemerintah dalam proses mensejahterakan kehidupan petani serta sektor pertanian di Indonesia.

Dapat disimpulkan, upaya mensejahterakan kehidupan petani dan sector pertanian di Indonesia yakni dengan membangun sebuah lembaga yang nantinya membantu pemerintah dalam proses produksi, penanaman, panen hingga pemasaran yang akan menciptakan perbaikan kesejahteraan bagi petani serta pertanian di Indonesia.

Daftar Pustaka
Suradisastra, K. (2003). Prioritas Masalah Pertanian di Indonesia, (August), 4. Retrieved from http://siteresources.worldbank.org/INTINDONESIA/Resources/Publication/280016-1106130305439/617331-1110769011447/810296-1110769073153/agriculture.pdf

Suradisastra, K. (2008). Strategi Pemberdayaan Kelembagaan Petani. Pusat Analisis Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian, 26(70), 82–91.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar