Sabtu, 25 November 2017

DESKRIPSI TUGAS DAN RANCANGAN PENILAIAN BLOK II MK DASAR GENETIKA (Principles of Genetics)



Topik Pembelajaran
:
Pewarisan Mendel, Modifikasinya dan Uji Chi Square
Capaian Pembelajaran (Learning Outcome) Blok II

:
    Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dasar pewarisan Mendel, Non Mendelian, serta pewarisan sitoplasmik dan pewarisan kuantitatif
    Menguasai softskills :
-    Mampu berpikir logis, kritis, dan kreatif;
-    Mengemukakan pendapat secara argumentative;
-    Mampu bekerja dalam kelompok dan bekerja mandiri.

Metode Pembelajaran (Bentuk Pembelajaran)
:
1.    Contextual learning & Interactive learning, menganalisis isi film/video/PPT pewarisan dan membuat resume & slide presentasi dari buku Griffiths - Introduction to Genetic Analysis 9th Edition Chapter 2 dan/atau Snustad – Principles of Genetics 6th Chapter 3 & 4 dan/atau Robert Brooker - Genetics Analysis and Principles Part 2. (Tugas kelompok 2a ).

2.    Presentasi

3.    Simulation

4.    Small Group Discussion

Media/Materi Ajar dan Pembelajaran

a.   Snustad, D. P. and M. J. Simmons. 2012. Principles of genetics 6th ed. John Wiley & Sons, Inc.
b.   Brooker, Robert J. 2012. Genetics: Analysis & Principles, Fourth Edition. The McGraw-Hill Companies, Inc.
c.    Griffiths. Introduction to Genetic Analysis 9th Edition

Apa yang harus dilakukan mahasiswa

A.  Resume & Presentasi
Mahasiswa membaca, memahami, membuat resume, menyusun slide dan mempresentasi materi kajian dari buku referensi. Pembagian materi sebagai berikut :
Kelompok 1 : Pewarisan Mendel;
Kelompok 2 : Modifikasi Pewarisan Mendel;
Kelompok 3 : Uji Chi Square untuk Pewarisan Mendel
Kelompok 4 : Pewarisan Sitoplasmik
Kelompok 5 : Pewarisan Kuantitatif
Kelompok 6 : Linkage & Crossing over
Kelompok 7 : Variasi Jumlah Kromosom & Maping kromosom

Kelompok yang akan presentasi boleh melakukan konsultasi/tutorial kepada Dosen/Asisten Dosen

B.  Simulation
Mahasiswa secara berkelompok memperagakan proses persilangan dan mengamati variasi yang terbentuk pada generasi F2 dikaitkan dengan kajian hukum Mendel. Selanjutnya menjawab dan mendokumentasikan hasil simulasi pada lembar kerja

C.  Small Group Discussion
Mahasiswa secara berkelompok mengemukakan jawaban dari guiding questions, diskusi antar kelompok. Selanjutnya mahasiswa mempresentasikan jawaban tersebut sesuai dengan alokasi waktu yang telah disepakati. Format diskusi harus mengacu pada Rubrik Penilaian small group discussion (Lampiran 2).

Alokasi waktu dan batas waktu pengiriman tugas (Wajib diperhatikan)
:
22 Maret 2017 : Presentasi Kelompok 1, 2, & 3
29 Maret 2017 : Presentasi Kelompok 4, 5, 6, & 7
5 April 2017 : Small group discussion dan guiding questions mengenai pewarisan
12 April 2017 : Ujian Capaian Pembelajaran Blok 1 & 2

Cara pengumpulan tugas
:
Softcopy resume dan makalah dikirim via link: http://bit.ly/tugasdasgen dan/atau email dosen.
Subject e-mail: Kelas#-Tugas#-Kel#
misal: KelasA-Tugas2a-Kel2 (tugas kelompok) atau
KelasA-Tugas1a-Nama-NPM (tugas individu)

Kriteria Penilaian
:
Mengacu pada rubrik penilaian untuk resume, group discussion, makalah dan laporan pengisian simulation
-     Penilaian resume (Lampiran 1); Presentasi (Lampiran 3).
-     Assessment rubric small group discussion (Lampiran 2).
-     Kelengkapan dan kebenaran data simulasi: tahapan dilengkapi dengan foto/gambar dan jawaban yang tepat.
Kriteria:
80-100: Sangat lengkap.
60-79: Lengkap
< 59: Tidak lengkap.

Bobot Penilaian
:
Resume (7,5%)
Presentasi (7,5%)
Small Group Discussion (5%,)
Ujian Capaian Pembelajaran (15)%)


Lampiran 1. Penilaian Resume
Kriteria
Deskripsi
Nilai
Sangat Baik (Excellent)
Resume ditulis dengan sangat baik, dengan menguraikan poin-poin penting menggunakan kata-kata yang ringkas, jelas dan menjawab semua pertanyaan secara jelas dan mengacu pada Buku yang diresumekan  
Tidak menerjemahkan secara asal-asalan yang dicirikan dengan kata-kata yang  mudah dimengerti. Ada upaya menyusun kata-kata secara runtut dan sistematis. Tidak lebih dari 2 halaman (spasi 1,5-2) atau ditulis tangan. Tidak memperlihatkan plagiat dengan mahasiswa lain (kata-kata yang digunakan lebih dari 90% sama).

85  - 100
Baik
Resume ditulis dengan baik, dengan menguraikan poin-poin penting menggunakan kata-kata yang ringkas tapi sedikit kurang jelas dan menjawab semua pertanyaan secara jelas dan mengacu pada Buku yang diresumekan (Chapter I George Acquaah dan Bab I Sleper & Poehlman). Tidak lebih dari 2 halaman (spasi 1,5-2) atau ditulis tangan.
Tidak menerjemahkan secara asal-asalan yang dicirikan dengan kata-kata yang mudah dimengerti. Ada upaya menyusun kata-kata secara runtut, sistematis dan mudah dimengerti. Tidak memperlihatkan plagiat dengan mahasiswa lain (kata-kata yang digunakan lebih dari 90% sama).

70 - 84
Rata-rata
Resume ditulis dengan seadanya, dengan menguraikan poin-poin penting menggunakan kata-kata yang kurang jelas dan kurang ringkas serta menjawab semua pertanyaan secara jelas dan mengacu pada Buku yang diresumekan (Chapter I George Acquaah dan Bab I Sleper & Poehlman). Tidak lebih dari 2 halaman (spasi 1,5-2) atau ditulistangan.
Menerjemahkan secara asal-asalan yang dicirikan dengan kata-kata yang tidak mudah dimengerti. Sedikit upaya menyusun kata-kata secara runtut, sistematis dan mudah dimengerti. Tidak memperlihatkan plagiat dengan mahasiswa lain (kata-kata yang digunakan lebih dari 90% sama).

50 -69
Di bawah Rata-rata
Resume ditulis dengan seadanya, tidak menguraikan poin-poin penting, menggunakan kata-kata yang kurang jelas dan kurang ringkas serta menjawab semua pertanyaan secara jelas dan mengacu pada Buku yang diresumekan (Chapter I George Acquaah dan Bab I Sleper & Poehlman). Lebihdari 2 halaman (spasi 1,5-2) atau ditulis tangan.
Menerjemahkan secara asal-asalan yang dicirikan dengan kata-kata yang tidak mudah dimengerti. Sangat sedikit upaya menyusun kata-kata secara runtut dan sistematis sehingga tidak mudah dimengerti. Memperlihatkan plagiat dengan mahasiswa lain (kata-kata yang digunakan lebih dari 90% sama).

< 49



Lampiran 2.  Assessment Rubric/Small Group and Class Discussion
Category
Excellent (4)
Good (3)
Satisfactory (2)
Poor (1)
Information
All information presented in the debate was clear, accurate and thorough.
Most information presented in the debate was clear, accurate and thorough.
Most information presented in the debate was clear and accurate, but was not usually thorough.
Information had several inaccuracies OR was usually not clear.
Use of Facts/Statistics
Every major point was well supported with several relevant facts, statistics and/or examples.
Every major point was adequately supported with relevant facts, statistics and/or examples.
Every major point was supported with facts, statistics and/or examples, but the relevance of some was questionable.
Every point was not supported.
Enthusiasm
Facial expressions and body language generate a strong interest and enthusiasm about the topic in others.
Facial expressions and body language sometimes generate a strong interest and enthusiasm about the topic in others.
Facial expressions and body language are used to try to generate enthusiasm, but seem somewhat faked.
Very little use of facial expressions or body language. Did not generate much interest in topic being presented.

Each correct response for prevention methods is worth 4 points.
Total possible points = 36
                              
Points
Grade
32-36
A
27-31
B
23-26
C
19-22
D
Below 18
F


Lampiran 3. Rubrik penilaian presentasi
Dimensi
Sangat baik
Baik
Rata-rata
Kurang memuaskan
Di Bawah Harapan
Skor
Organisasi
Presentasi terorganisasi dengan menyajikan fakta yang didukung oleh contoh yang telah dianalisis sesuai konsep
(9-10)
Presentasi terorganisasi dengan baik dan menyajikan fakta yang meyakinkan untuk mendukung pemecahan masalah.
(6-8)
Presentasi mempunyai fokus dan menyajikan beberapa bukti yang mendukung pemecahan masalah.
(4-5)
Cukup fokus, namun bukti kurang mencukupi untuk digunakan dalam pemecahan permasalahan
(3-2)
Tidak ada organisasi yang jelas. Fakta tidak digunakan untuk mendukung pernyataan.
(0-1)
Isi
Isi mampu menggugah pendengar untuk mengambangkan pikiran
(14-15)
Isi akurat dan lengkap. Para pendengar menambah wawasan baru tentang topik tersebut.
(10-13)
Isi secara umum akurat, tetapi tidak lengkap. Para pendengar bisa mempelajari beberapa fakta yang tersirat, tetapi mereka tidak menambah wawasan baru tentang topik tersebut.
(6-9)
Isinya kurang akurat, karena tidak ada data faktual, tidak menambah pemahaman pendengar
(3-5)
Isinya tidak akurat atau terlalu umum. Pendengar tidak belajar apapun atau kadang menyesatkan.
(0-3)
Gaya Presentasi
Berbicara dengan semangat, menularkan semangat dan antusiasme pada pendengar
(9-10)
Pembicara tenang dan menggunakan intonasi yang tepat, berbicara tanpa bergantung pada catatan, dan berinteraksi secara intensif dengan pendengar. Pembicara selalu kontak mata dengan pendengar.
(7-8)
Secara umum pembicara tenang, tetapi dengan nada yang datar dan cukup sering bergantung pada catatan. Kadang-kadang kontak mata dengan pendengar diabaikan.
(4-6)
Berpatokan pada catatan, tidak ada ide yang dikembangkan di luar catatan, suara monoton
(2-3)
Pembicara cemas dan tidak nyaman, dan membaca berbagai catatan daripada berbicara. Pendengar sering diabaikan. Tidak terjadi kontak mata karena pembicara lebih banyak melihat ke papan tulis atau layar.
(0-1)

Komentar




Tidak ada komentar:

Posting Komentar