Senin, 29 Januari 2018

KARYA TULIS ILMIAH
SELAI LABU SIAM SEBAGAI INOVASI PANGAN INDONESIA YANG BERKELANJUTAN


Di susun oleh:
Rizki Saddik Ismail            150510160013





FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS PADJADJARAN

RINGKASAN

Labu siam merupakan tanaman asli Mexico.  Labu siam dapat diolah menjadi aneka ragam masakan olahan sayur yang bermacam – macam.  Sayur ini pun dapat diolah juga menjadi olahan yang unik berupa selai, yang dapat menjadi teman roti, kue, agar – agar, es krim dan lain sebagainya.  Serta dapat menjadi salah satu inovasi pangan yang berkelanjutan di Indonesia.

SUMMARY

Chayote is native to Mexico. Chayote can be processed into a variety of processed vegetable dishes are wide - range. This vegetable can also be processed into refined a unique form of jam, which can be a friend of bread, cakes, puddings, ice cream and others. And can be one of the sustainable food innovation in Indonesia.















KATA PENGANTAR


Assalamualaikum wr.wb.
Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang telah memberikan izin dan kekuatan kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah ini dengan judul ’’Selai Labu Siam Sebagai Inovasi Pangan Indonesia Yang Berkelanjutan” tepat pada waktunya.

Penulis menyadari bahwa tulisan ini masih banyak kekurangan dan kelemahannya, baik dalam isi maupun sistematikanya.  Hal ini disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan dan wawasan penulis.  Oleh sebab itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran untuk menyempurnakan tulisan ini.

Akhirnya, penulis mengharapkan semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat, khususnya bagi penulis dan umumnya bagi pembaca.

Jatinangor,    Februari 2017


Penulis






DAFTAR ISI








BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Selai merupakan makanan olahan yang biasa dibuat dari buah maupun sayur.  Selai merupakan makanan yang unik, karena diolah dengan cara menghaluskan buah atau sayur mayor yang nantinya dimasak dengan menambahkan gula sebagai penambah rasa manis pada selai yang di buat.  Selai sering menjadi makanan pendamping roti atau sebagai penambah rasa dalam menkonsumsi roti, dapat juga dikonsumsi bersama kue, es krim, dan lain sebagainya.
Selai dibuat dalam berbagai macam, ada yang berupa pasta, masih terdapat potongan kecil buah maupun sayur, bahkan sampai potongan kasar dan besar.  Dan biasanya selai dibuat dari bahan baku buah maupun sayur yang belum masak.
Salah satu sayur yang dapat dibuat selai yakni labu siam.  Sayur yang sering di olah menjadi sayur lodeh, sayur tempe dan sayur asam ini sudah tidak asing ditelinga masyarakat.  Hanya saja dalam bentuk olahan selai, sayur ini sangat jarang di dengar oleh kalangan masyarakat luas.  Labu siam yang terkenal dengan warnanya yang hijau muda menggoda ini, dapat dijadikan bahan baku olahan selai.  Selain harganya yang relative murah, labu siam pun mudah di dapat baik di pasar swalayan maupun di supermarket di Indonesia.
Tanaman labu siam merupakan tanaman yang merambat, dan dapat mencapai ketinggian 5 meter hingga 10 meter.  Dengan masing – masing tanaman dapat menghasilkan sekiranya tiga hingga empat kilo panen dalam sekali tanam.
Labu siam memiliki banyak khasiat yang di antaranya seperti Vitamin C, B2 dan zat lainnya yang baik bagi perkembangan tubuh manusia.  Serta labu siam dapat menjadi pangan berkelanjutan di Indonesia karena jarang dilirik dan pengolahannya pun yang masih terbatas.  Sehingga dalam pengembangannya akan memerlukan banyak eksperimen dan penelitian guna menjadikan salah satu pangan berkelanjutan di Indonesia.

B.     Identifikasi Masalah

Adapun identifikasi masalah yang ada yakni bagaimana cara mengolah Labu Siam menjadi Selai yang baik dan tepat dan menjadikannya olahan pangan yang berkelanjutan di Indonesia.

C.    Maksud dan Tujuan Penelitian

Adapun maksud dan tujuannya menjadikan Labu Siam menjadi inovasi pangan berkelanjutan di Indonesia diantaranya sebagai berikut,
1.      Memperkenalkan Labu Siam sebagai salah satu sayur yang dapat dibuat selai;
2.      Menjadikan Labu Siam sebagai salah satu Inovasi Pangan berkelanjutan di Indonesia.

D.    Kegunaan Penelitian

Adapun kegunaan penelitian ini yang menjadikan Labu Siam menjadi inovasi pangan berkelanjutan di Indonesia diantaranya sebagai berikut,
1.      Mengetahui manfaat yang terkandung dalam Labu Siam;
2.      Mengetahui cara mengolah Labu Siam menjadi selai yang baik dan tepat;
3.      Mempromosikan Labu Siam sebagai sayur yang dapat dijadikan selai ke kancah Regional, Nasional bahkan Internasional.








BAB II KAJIAN TEORI

Labu siam merupakan tanaman sayuran dari suku labu-labuan. Labu siam biasanya berbentuk seperti buah pear, berwarna hijau tua, hijau muda dan bahkan ada yang berwarna kuning.  Spesies labu siam juga beragam.  Ada yang kulitnya penuh di tumbuhi duri-duri kecil dan banyak, ada yang durinya jarang-jarang dan ada pula yang polos.  Buah ini asalanya dari benua Amerika dan sangat  terkenal di Mexico.  Bahkan labu siam merupakan bahan pangan favorit yang dapat di temui di hampir semua masakan khas Mexico.
Labu siam merupakan bahan pangan favorit di beberapa Negara di Asia, seperti Jepang, Thailand, Malaysia, Singapura, terutama di Indonesia.  Meski merupakan sayuran sekunder, tetapi sayuran ini dapat di temukan di pasar-pasar baik supermarket maupun pasar tradisional. Labu siam adalah sebutannya dalam bahasa Indonesia.  Namun di beberapa daerah dan negara, labu siam di kenal dengan berbagai sebutan, diantaranya:
Inggris
:
Chayote
Indonesia
:
Labu Siam
Jawa
:
Jipang / Manisa
Sunda
:
Lejet
Brazil
:
Chuchu
Hawai
:
Pipinola
Filipina
:
Sayote
India
:
Ishkus

Labu siam dalam pengklasifikasiannya adalah sebagai berikut,
Kingdom
:
Plantae
Divisio
:
Magnoliophyta
Classis
:
Magnoliopsida
Ordo
:
Violales
Familia
:
Cucurbitaceae
Genus
:
Sechium
Spesies
:
Sechium edule

Bagian dari tanaman labu siam yang dapat dikonsumsi hanya buahnya saja.  Buah labu siam terdiri atas daging buah dan biji, dan yang dapat dikonsumsi adalah daging buahnya.  Daging buah labu siam terdiri attas kulitnya yang tipis dan daging buahnya yang tebal dan berair atau bergetah.
Labu siam memiliki banyak manfaat bagi tubuh salah satunya sebagai antioksidan bagi tubuh, dan mengandung banyak vitamin, elektrolit dan mineral yang baik bagi pertumbuhan tubuh manusia.  Walau labu siam banyak tersebar di penjuru dunia, akan tetapi di Negara Indonesia sendiri pengolahannya masih terbatas, maka dari itu dapat dijadikan inovasi pangan berkelanjutan di Indonesia.










BAB III METODE PENELITIAN


A.    Jenis Penelitian

Penelitian ini adalah penelitian dengan jenis inovasi, yaitu mengkreaikan bahan dengan cara yang lain dan hasil yang lain, menjadi sesuatu yang dapat dikonsumsi dengan nikmat dan penuh dengan banyak manfaat.

B.     Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen atau percobaan.  Data – data di peroleh dari beberapa literature para ahli, jurnal dan buku – buku.












C.    Desain dan Rancangan Penelitian

Cuci Bersih Labu Siam dan Kupas
Belah 4 dan buang bijinya
Potong – potong kotak dadu kecil
Haluskan dengan menggunakan blender
Masak dengan api kecil dan tambahkan gula
Bila sudah mengental angkat dan tiriskan
Selai siap disajikan
Simpan di lemari pendingin
 





















BAB IV PEMBAHASAN

Dalam pelaksanaannya membuat selai labu siam ini adapun alat dan bahan yang diperlukan serta proses pengolahannya, diantaranya
Alat :
-          Pisau
-          Panci
-          Pengaduk
-          Blender
-          Toples plastik atau kaca sebagai wadah

Bahan :
-          3 buah labu siam berukuran besar
-          150 mL air
-          ¼ Kg gula pasir
-          Vanili secukupnya
-          1 sendok makan agar – agar
-          Sejumput garam

Cara membuat Selai Labu Siam
1.      Cuci bersih labu siam dan kupas,
2.      Pisahkan daging buah dengan bijinya,
3.      Potong – potong menjadi dadu dan masukkan ke dalam blender bersama air, haluskan,
4.      Masukkan labu siam yang sudah di haluskan ke dalam panci dan tambahkan gula, garam, agar – agar dan vanili, aduk rata dan panaskan dengan menggunakan api kecil,
5.      Setelah mengental, matikan api dan dinginkan,
6.      Masukkan ke dalam wadah dan siap disajikan,
7.      Simpanlah dalam lemari pendingin agar awet.

Berikut penjelasan untuk membuat selai labu siam, selain untuk dimasak menjadi olahan sayur, labu siam pun dapat dijadikan sajian lain contohnya adalah selai ini.  Selai labu siam ini kedepannya akan menjadi salah satu inovasi pangan berkelanjutan di Indonesia.




























BAB V PENUTUP


A.    Kesimpulan

Labu siam selain dijadikan olahan masakan aneka sayur tetapi dapat pula menjadi olahan pangan yang unik berupa selai, yang dapat menjadi teman roti, kue, pudding, es krim dan lain sebagainya.  Serta labu siam memiliki banyak kandungan yang tak kalah sehatnya seperti vitamin, elektrolit dan mineral.

B.     Saran


Semoga dengan adanya inovasi ini, pangan di Indonesia terus maju dan berkembang demi tercapainya Indonesia yang daulat akan pangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar