Jumat, 11 November 2016

Desa Cilayung

Desa Cilayung merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Jatinangor. Lokasinya berada di bagian paling utara wilayah Kecamatan Jatinangor dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Sukasari dan Kecamatan Tanjungsari. Jarak dengan pusat kecamatan sekitar empat kilometer.
Desa Cilayung merupakan desa pemekaran dari Desa Cileles. Sebelum terbentuknya Kecamatan Cikeruh (sebelum bernama Kecamatan Jatinangor), Desa Cileles merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Cimanggung. Ketika terjadi pemekaran wilayah Kecamatan Cimanggung menjadi dua wilayah yaitu Kecamatan Cimanggung dan Kecamatan Cikeruh, Desa Cileles menjadi salah satu desa yang menjadi bagian dari wilayah Kecamatan Cikeruh. Sebagai akibat dari pemekaran kecamatan ini, wilayah-wilayah desa yang berada di Kecamatan Cikeruh dimekarkan menjadi dua desa termasuk Desa Cileles. Desa Cileles dimekarkan menjadi dua desa yaitu Desa Cileles dan Desa Cilayung. Desa Cilayung mengambil bagian wilayah di sebelah utara.
Berdasarkan data Kecamatan Jatinangor dalam Angka tahun 2014, Desa Cilayung memiliki status sebagai pedesaan dengan klasifikasi sebagai desa swakarsa. Secara topografis wilayah Desa Cilayung merupakan daerah perbukitan yang berada di kaki Gunung Manglayang. Wilayah Desa Cilayung menjadi daerah tertinggi di wilayah Kecamatan Jatinangor. Ketinggian wilayah dimana kantor desa berada sekitar 845 meter di atas permukaan laut. Secara geografis, Desa Cilayung dibatasi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut: Desa Sindangsari dan Desa Mekarsari (keduanya berada di wilayah Kecamatan Sukasari) di sebelah utara, Desa Sukarapih Kecamatan Sukasari dan Desa Kutamandiri Kecamatan Tanjungsari di sebelah timur, Desa Kutamandiri Kecamatan Tanjungsari dan Desa Cileles di sebelah selatan serta Desa Sindangsari Kecamatan Sukasari di sebelah baratnya. Secara administratif, Desa Cilayung terbagi ke dalam tiga buah dusun yaitu Dusun I, Dusun II dan Dusun III. Sementara jumlah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing sejumlah 11 RW dan 31 RT.
Masih berdasarkan sumber data yang sama, Desa Cilayung memiliki luas wilayah sebesar 348 hektar. Luas wilayah tersebut terbagi ke dalam beberapa peruntukan yaitu sebagai lahan pertanian, lahan pemukiman dan lahan lainnya. Yang dipergunakan sebagai lahan pertanian sebesar 175 hektar. Lahan pertaniannya terbagi ke dalam dua jenis yaitu lahan pesawahan dan lahan non-pesawahan. Luas lahan pesawahannya sebesar 45 hektar. Lahan pertanian bukan pesawahan atau termasuk lahan ladang, huma dan perkebunan seluas 130 hektar. Seluas 93 hektar dipergunakan sebagai lahan pemukiman dan pekarangan. Sisanya seluas 93 hektar dipergunakan untuk keperluan lainnya seperti lahan fasilitas umum.
Masih berdasarkan sumber data yang sama, pada tahun 2013 Desa Cilayung memiliki jumlah penduduk sebanyak 4.929 jiwa. Dilihat dari jumlah penduduknya, Desa Cilayung merupakan desa dengan jumlah penduduk terkecil jika dibandingkan dengan jumlah penduduk desa lainnya yang berada di wilayah Kecamatan Jatinangor. Rincian penduduknya adalah sebanyak 2.526 orang berjenis kelamin laki-laki ditambah 2.403 orang berjenis kelamin perempuan. Jumlah kepala keluarganya sebanyak 1.563 KK. Kepadatan penduduk Desa Cilayung sebesar 1.426 orang untuk tiap kilometer luas wilayahnya. Jadi bisa disebutkan bahwa Desa Cilayung memiliki kepadatan penduduk terkecil jika dibandingkan dengan kepadatan penduduk desa lainnya yang berada di Kecamatan Jatinangor. Hal ini sesuai dengan penggunaan lahan yang sebagian besar dipergunakan sebagai lahan pertanian jika dibandingkan dengan lahan pemukiman.
Walaupun Desa Cilayung berada di wilayah Kecamatan Jatinangor, namun Desa Cilayung tidak tersentuh oleh perubahan yang terjadi di pusat kecamatan. Desa Cilayung masih mempertahankan ciri khas sebagai wilayah agraris atau pertanian. Hal ini berkaitan dengan lokasinya yang cukup jauh dari pusat Kecamatan Jatinangor. Tidak mengherankan jika sebagian besar penduduk Desa Cilayung bekerja di sektor pertanian baik sebagai petani maupun buruh tani. Sebagian kecil lainnya bekerja di sektor industri baik industri besar maupun industri skala rumah tangga (industri kecil), sektor perdagangan, transportasi dan jasa serta sektor konstruksi. Sektor pertanian yang digeluti masyarakat Desa Cilayung menghasilkan berbagai jenis produk yaitu padi, jagung, ubi kayu, ubi jalar, kedelai dan kacang hijau. Sementara sektor industri rumah tangga menghasilkan produk dadri jenis kerajinan tangan dan hasil olahan makanan. Kerajinan tangan dari Desa Cilayung menghasilkan produk berupa bilik, giribig dan pohpor senapan serta panahan atau jamparing. Hasil olahan makanan berupa kripik singkong dan opak ketan.
(Sumber: dari berbagai sumber termasuk BPS Kabupaten Sumedang dan Pemerintah Desa Cilayung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar