Jumat, 08 September 2017

Genetika

Genetika adalah kajian tentang gen. Sebuah gen adalah sebagian kecil informasi yang dapat menentukan banyak karakteristik seperti tinggi, warna mata, dan kesehatan. informasi genetik kita diturunkan (diwariskan) dari orang tua kita melalui gen.  Secara sederhana genetika dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari gen. Genetika berasal dari kata gen, yang artinya sebuah focus dari subjek.  Gen adalah bagian dari sebuah molekul heliks benang ganda yang biasa disebut deoksiribonukleat atau disingkat DNA yang artinya linear, struktur heliks ganda yang terlihat mirip seperti tangga spiral molekul.  Helix ganda terdiri dari dua rantai terjalin terdiri dari blok bangunan yang juga disebut sebagai nukleotida.
            Nukleotida terdiri dari kelompok fosfat, molekul gula deoksiribosa, serta salah satu dari empat basa nitrogen yang berbeda (adenin, guanin, sitosin, dan timin).  Masing – masing dari empat nukleotida ini biasanya ditunjuk oleh huruf pertama dari dasar itu seperti adenin oleh kata A, guanin oleh kata G, sitosin dengan kata S, dan timin dengan kata T.
Tipe gen khas berisi informasi untuk satu gen spesifik.  Selain itu, pelengkap dasar organisme, DNA disebut genom.  Sel – sel somatic dari kebanyakan tanaman dan hewan mengandung dua salinan genom mereka, maka organisme tersebut adalah diploid. Pada umumnya memiliki salah satu dari dua fungsi dasar, tergantung pada gen itu sendiri.
Struktur utama dari protein yang spesifik adalah rantai linear asam amino, yang disebut polipeptida.  Rantai asam amino dalam rantai utama adalah rantai nukleotida dalm gen lain atau molekul kecil untuk membentuk protein fungsional.  Rantai asam amino yang diberikan dapat lipat dalam jumlah yang besar dengan cara stabil.
Transkripsi adalah langkah pertama yang diambil oleh sel untuk membuat protein yaitu untuk menyalin atau menuliskan, urutan nukleotida dalam satu helai gen ke dalam molekul untai tunggal komplementer disebut asam ribonukleat atau disingkat RNA.  Seperti DNA, RNA terdiri dari nukleotida, akan tetapi nukleotida ini mengandung gula ribose bukan deoksiribosa.  Translasi adalah proses memproduksi rantai asam amino berdasarkan urutan nukleotida dalam mRNA disebut terjemahan. 
Adapun istilah istilah yang biasa digunakan dalam hal genetika diantaranya ialah sebagai berikut,
  1. Sel Diploid dan Sel Haploid
Yaitu sel yang memiliki kromosom dalam keadaan berpasangan atau sel yang memiliki dua set atau dua perangkat kromosom. Misalnya sel tubuh manusia memiliki 46 buah kromosom yang selalu dalam keadaan berpasangan sehingga disebut diploid (2n) (di berarti dua, ploid berarti set/ perangkat). Sedangkan sel kelamin manusia memiliki kromosom tidak berpasangan . Hal ini terjadi karena pada saat pembentukan sel kelamin, sel induk yang bersifat diploid membelah secara meiosis, sehingga sel kelamin anaknya hanya mewarisi setengah dari kromosom induknya. Maka dalam sel kelamin (gamet) manusia terdapat 23 kromosom yang tidak berpasangan atau hanya memiliki seperangkat atau satu set kromosom saja, disebut haploid (n).
  1. Genotip
Genotip adalah susunan gen yang menentukan sifat dasar suatu makhluk hidup dan bersifat tetap. Dalam genetika genotip ditulis dengan menggunakan simbol huruf dari huruf paling depan dari sifat yang dimiliki oleh individu. Setiap karakter sifat yang dimiliki oleh suatu individu dikendalikan oleh sepasang gen yang membentuk alela. Sehingga dalam genetika simbol genotip ditulis dengan dua huruf. Jika sifat tersebut dominan, maka penulisannya menggunakan huruf kapital dan jika sifatnya resesif ditulis dengan huruf kecil. Genotip yang memiliki pasangan alela sama, misalnya BB atau bb, merupakan pasangan alela yang homozigot. Individu dengan genotip BB disebut homozigot dominan, sedangkan individu dengan genotip bb disebut homozigot resesif .Untuk genoti yang memiliki pasangan alela berbeda misal Bb, merupakan pasangan alela yang heterozigot.
  1. Fenotip
Fenotip adalah sifat yang tampak pada suatu individu dan dapat diamati dengan panca indra, misalnya warna bunga merah, rambut keriting, tubuh besar, buah rasa manis, dan sebagainya. Fenotip merupakan perpaduan dari genotip dan faktor lingkungan. Sehingga suatu individu dengan fenotipe sama belum tentu mempunyai genotip sama.
  1. Dominan
Gen dikatakan dominan apabila gen tersebut bersama dengan gen lain (gen pasangannya), akan menutup peran/sifat gen pasangannya tersebut. Dalam persilangan gen, dominan ditulis dengan huruf besar.
  1. Resesif
Gen dikatakan resesif apabila berpasangan dengan gen lain yang dominan ia akan tertutup sifatnya (tidak muncul) tetapi jika ia bersama gen resesif lainnya (alelanya) sifatnya akan muncul. Dalam genetika gen resesif ditulis dengan huruf kecil.
  1. Intermediet
Adalah sifat suatu individu yang merupakan gabungan dari sifat kedua induknya. Hal ini dapat terjadi karena sifat kedua induk yang muncul sama kuat (kodominan). Misalnya bunga warna merah disilangkan dengan bunga warna putih, menghasilkan keturunan berwarna merah muda.
  1. Hibrid
Adalah hasil perkawinan antara dua individu yang memiliki sifat beda. Bila individu tersebut memiliki satu sifat beda disebut monohibrid, dua sifat beda disebut dihibrid, tiga sifat beda trihibrid, dan sebagainya.


Sumber : Griffiths

Tidak ada komentar:

Posting Komentar